DAFTAR

Selasa, 15 September 2020

MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD PART 1

MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD


 Bagian Pertama

Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax. Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.

Pada menu ini terdapat kelompok toolbar

         Clipboard

         Font

         Paragraph

         Styles

         Editing

 

A.     Cara memulai aplikasi Microsoft Word

Langkah-langkah :

1.      Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.

2.      Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih

3.      Microsoft Office Word 2007.

4.      Muncul Gambar berikut




Unsur-unsur utama Layar Ms Word.

·         Judul Windows

Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.


Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button    

   minimize, maximize dan menutup aplikasi word

·         Office Button 



Digunakan untuk:

-         Membuat file baru

-         Membuka file

-         Menyimpan file

-         Mencetak

-         Keluar dari word

 


Disebelah  kanan  office  button  terdapat  button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar

 

·         Customize Quick Access Toolbar

Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar   


  sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.

 

·         Menu


Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.

Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut

·         Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut



·         Kursor

Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.

·         Penggulung Teks

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.

 

·         Memasukkan Teks

Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa

hal yang perlu diketahui:

       Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.

       Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.

       Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.

       Tekan enter untuk menambah baris kosong.

       Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.

       Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.

 


·         Memperbaiki Teks

Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :

 

·         Menggunakan Mouse

Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.

 ·         Menggunakan Keyboard

Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.


·         Menyimpan Dokumen

Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik


button  pada Toolbar. Akan muncul gambar berikut:


 


Pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc

 

·         Menutup Dokumen

Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.

 

·         Membuka Dokumen

Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box berikut:



4


Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.

 

·         Keluar dari Word

Click tombol  yang ada di pojok kanan atas window Word maka aplikasi word akan hilang.

 

Latihan 1 :

       Buatlah teks dibawah ini :

 

 

MICROSOFT WORD

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi- Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.